• KULMIN 😎

Waspada Begal Rekening, Ngakunya Jadi Social Engineering

Belakangan ini lagi ramai di Internet mengenai “soceng” atau Social Engineering. Apa itu Social Engineering? Dilansir dari iNews.id Social Engineering (soceng) adalah komunitas hacker di Indonesia yang dapat menyusup dan membegal rekening korban dalam waktu 5 menit.


Kita semua harus tetap waspada dengan kasus soceng ini dan jangan mudah percaya sama orang atau nomor yang ngaku-ngaku dari bank karena jelas itu adalah penipuan.


Ketahui 4 modus begal rekening yang bisa membantu meminimalisir resiko kerugian di kemudian hari.


4 Modus Begal Rekening yang Harus DiKetahui


1. Info Perubahan Tarif Bank

Biasanya penipu pasti melakukan modus ini untuk korbannya. Penipu akan berpura-pura menjadi pegawai bank dan menyampaikan informasi perubahan tarif transfer bank. Penipu meminta korban untuk mengisi formulir online yang berisi data pribadi seperti PIN, kode OTP dan password.


2. Tawaran Jadi Nasabah Prioritas

Penipu akan menawarkan iklan atau poster terkait upgrade menjadi nasabah prioritas dengan iming-iming promo dan reward yang lebih banyak. Pada modus ini, penipu akan meminta korban untuk menginformasikan data pribadinya seperti nomor kartu ATM, nomor CVC/CVV, PIN, kode OTP dan password.


3. Akun Customer Service Palsu

Penipu akan membuat dan menggunakan akun media sosial palsu untuk menjebak korban. Akun media sosial ini biasanya berupa akun Twitter, Instagram dan nomor telepon. Biasanya akun bodong ini muncul saat ada nasabah yang menyampaikan keluhan terkait layanan perbankan.


Akun palsu ini menawarkan bantuan untuk menyelesaikan keluhan dengan mengarahkan ke website palsu atau meminta korban memberikan data pribadinya terutama kode OTP, PIN, nomor kartu dan password.


4. Layanan Menjadi Agen Laku Pandai

Penipu juga menawarkan jasa untuk menjadi agen laku pandai dengan cara cepat dan mudah. Agen laku pandai adalah singkatan dari Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif.


Laku pandai merupakan program dari OJK untuk penyediaan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya melalui kerja sama dengan pihak agen bank dan didukung dengan teknologi informasi.


Perlu diingat ya guys, bahwa pihak bank tidak akan pernah meminta data pribadi nasabah seperti PIN, kode OTP atau password. Selalu waspada dan cek keaslian nomor telepon, website dan sosial media bank yang bersangkutan.


Bakulio Aman dan Terpercaya

Bakulio selalu berupaya dan berkomitmen untuk menjaga data pribadi semua pengguna. Tim Bakulio hanya ada 3, bagian Customer Service dan 2 Agen WhatsApp. Diluar itu, mohon berhati-hati dan tetap konfirmasi kepada Tim Bakulio terlebih dahulu.


Verifikasi data di Bakulio juga aman dan bersifat tertutup. Selain itu, aplikasi Bakulio diperuntukkan khusus untuk orang-orang yang mau jualan tanpa repot dan tanpa modal.


Pembayaran Bakulio bekerja sama dengan Midtrans, Xendit dan mitra resmi seperti Alfamart dan DanDan yang tentu diawasi oleh OJK.


Kenapa Harus Pakai Bakulio?

  • Daftar gratis 100%

  • Tarik dana gratis tanpa biaya admin

  • Jualan lewat HP, bisa darimana aja dan sambil ngapain aja

  • Sistem komisi dan promo bulanan untuk reseller/dropshipper

  • Bisa menentukan keuntungan sendiri

  • Harga produk relatif lebih murah dibanding aplikasi lain

  • Gak usah pusing nyetok, bungkus atau ngirim barang

  • Ada Grup Community yang edukatif


Mau jualan online dengan murah dan mudah? Mulai dengan Bakulio! Sekarang #CariCuanGakPakeRibet.


CS WhatsApp Bakulio : 0877 2581 2777

Agen Bakulio I (Reseller) : 0851 5869 7766

Agen Bakulio II (Supplier) : 0877 2596 7111




Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Anisa Ramadhani





15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua