ย 
  • KULMIN ๐Ÿ˜Ž

Strategi Marketing Ugly Cake Prank

Beberapa waktu belakangan ini sosial media ramai dengan trend ugly cake atau kue jelek. Seperti namanya, ugly cake ini berupa kue ulang tahun dengan tema kartun atau Disney princess yang bentuknya berantakan dan tidak sesuai.


Ugly cake prank ini berawal di TikTok dari seorang netizen yang berpura-pura ingin beli kue dari kenalan atau temannya yang baru merintis usaha kue dengan mengirimkan contoh produknya kepada kerabat terdekat seperti teman, pacar atau orang tua. Netizen meminta kerabat terdekatnya untuk memilih satu dari beberapa foto ugly cake yang diberikan.


Setelah itu, orang yang terkena prank akan memberikan reaksi mereka saat melihat foto dan bentuk ugly cake tersebut. Respon mereka bermacam-macam ada yang berupa video, pesan suara atau chat. Reaksi inilah yang memancing kelucuan dan sangat menghibur sehingga tren ugly cake prank ini menjadi viral di sosial media.



Source: Pinterest


Source: Pinterest


Tapi tahukah kamu kalau ini merupakan strategi marketing? Unik ya karena sama sekali tidak terlihat seperti sedang jualan atau promosi. Oke, Kulmin jelasin dikit deh. Simak selengkapnya di bawah ini!


Undercover Marketing Sebagai Salah Satu Strategi Marketing Ampuh


Undercover Marketing adalah sebuah strategi untuk mengiklankan dan mempromosikan produk tanpa diketahui secara langsung oleh calon konsumen. Sederhananya strategi ini dilakukan secara terselubung sehingga tidak disadari oleh target pasar kita.


Kamu gak harus hard selling terus saat berbisnis, sekali-sekali gunakan teknik soft selling yang juga ampuh dalam meningkatkan kesadaran merek dan penjualan.


Syarat utama melakukan teknik Undercover Marketing adalah menciptakan produk yang unik dan memiliki daya tarik supaya memancing perhatian dan dibicarakan oleh banyak orang. Di era digital ini, kamu juga bisa menggabungkan teknik marketing ini dengan memanfaatkan masifnya sosial media. Buatlah konten berupa video atau foto yang kekinian sesuai dengan target pasar.


Bagaimana cara menerapkan Undercover Marketing?


Mau produk jualan kamu dikenal dan dibicarakan banyak orang seperti ugly cake yang sedang viral di TikTok? Kamu bisa menerapkan undercover marketing atau pemasaran terselubung. Gimana caranya? Berikut panduan singkatnya:


1. Riset target pasar


Kumpulkan data-data yang dibutuhkan supaya kamu bisa mengetahui dan menganalisa potensi target konsumen. Hal ini juga berguna untuk mengetahui platform mana yang cocok untuk memasarkan produk kamu.


2. Memahami keunggulan dan keunikan produk


Pahami keunggulan dan keunikan produk kamu sehingga calon pembeli tertarik untuk cari tahu dan membeli produkmu. Kamu harus paham betul agar segala upaya mulai dari perencanaan sampai penjualan bisa maksimal.


3. Dilakukan untuk jangka pendek


Teknik pemasaran secara tidak langsung ini idealnya hanya berlangsung sebentar, karena tujuan utamanya untuk pengenalan atau brand awareness. Hal inilah yang akan membantu toko atau usahamu dikenal sehingga promosi selanjutnya lebih mudah.


4. Selalu up to date


Di era digital seperti ini, kamu harus terus update dengan perkembangan tren sosial media. Tujuannya agar tidak ketinggalan momen dan bisa membaca situasi untuk memasarkan produkmu di waktu yang tepat.


Itu dia teknik marketing yang berhubungan dengan ugly cake prank. Semoga bermanfaat ya. Jangan lupa untuk cek artikel menarik lainnya hanya di Bakulio! Download Bakulio untuk jadi dropshipper untung tanpa modal dan gak abal-abal.




Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Anisa Ramadhani






14 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
ย