Search
  • KULMIN 😎

Simple, Tapi 3 Hal di Medsos Ini Sering Lupa Dilakukan Oleh Online Seller

Updated: Oct 14, 2021

Siapa sih yang nggak punya akun media sosial sekarang ini? Semakin kesini, sepertinya sebelum ngapa-ngapain cek Instagram dulu, cek chat di WhatsApp, lihat yang lagi trending di Twitter, cari hiburan di Tiktok, benar nggak?


Karena semua orang sekarang ada di media sosial, krusial buat yang pengen punya usaha untuk menyatakan “keberadaan” toko kamu dengan punya akun medsos. Selain itu, media sosial mempermudah orang baru untuk menemukan toko kamu.


Terus, olshop bisa ngapain aja kalau di media sosial? Apakah sebatas posting barang jualan? Nggak cuma itu! Ada 3 hal simple yang penting dilakukan di medsos sebagai penjual online, tapi suka terlupakan. Apa aja tuh?


1. Akun Bisnis

Hayoo, akun Instagram dan Whatsapp kamu sudah jadi akun bisnis belum? Banyak keuntungannya lho buat penjual online. Kamu bisa cek seberapa banyak orang yang lihat postingan di Instagram, cek jam aktif followers, set penjawab otomatis, mengkategorikan chat, akses fitur shopping, dan lain-lain! Dijamin bisa bantu mempermudah bisnis kamu.

Insight Instagram Business & Jawaban Otomatis Whatsapp Business


2. Ikut komunitas dan berinteraksi ke target pasar

Kenapa disebut media sosial? Karena ini memang wadah untuk bersosialisasi. Tujuan orang ke media sosial adalah untuk berinteraksi dan mencari hiburan, mereka akan jenuh kalau keseringan “diiklanin”. Jadi caranya agar mereka bisa lebih menerima jualan kamu adalah dengan berinteraksi ke calon pembeli. Mulai dengan ikutan komunitas yang sesuai pasar bisnis kamu.

Contoh Komunitas / Group di Facebook


Dengan ikut komunitas, kamu bisa cari tahu apa yang mereka sukai, interaksi dan sekalian memaparkan jualan kamu ke lebih banyak calon pembeli. Kamu bisa ikut komunitas di Whatsapp, grup Facebook, Instagram, Telegram, atau Discord. Kenalan, berbaur, baru promosiin jualan kamu deh!


3. Post Konten Soft-Selling

Apa ‘tuh konten soft-selling, min? Terjemahan kasarnya, jualan dengan halus. Jadi konten di medsos kamu nggak harus tentang jualan melulu, karena seperti tadi di point ke 2, orang cenderung malas kalau terpapar jualan terus. Coba deh mulai selipin konten lain yang menghibur dan memberi makna lebih. Tapi pastikan kontennya masih berhubungan dengan bisnis kamu. Coba lihat contoh konten di bawah ini.





Kira-kira dari 3 hal di atas yang mana yang masih perlu kamu lakukan?

Tapi sulitnya punya olshop di medsos adalah kamu harus mengurus, mencatat pesanan dan pantau tiap pembayaran secara manual, karena semua transaksi hanya melalui chat.


Kalau kamu merasa proses ini ribet, Bakulio bisa bantuin! Di aplikasi Bakulio, kamu bisa mempermudah proses olshop kamu dengan:

  1. Pencatatan pesanan secara digital dan rapi

  2. Pembayaran menggunakan link khusus yang dijamin aman untuk penjual maupun pembeli,

  3. Berbagai pilihan pembayaran tanpa harus bikin rekening

  4. Konfirmasi pembayaran otomatis ke smartphone tanpa perlu bolak-balik tanya pembeli.

  5. Laporan penjualan otomatis

Catatan pesanan, link pembayaran, metode pembayaran, notifikasi konfirmasi dan laporan penjualan di Bakulio



Siap bikin pencarian CUAN mu makin anti-ribet?

Yuk langsung cobain solusi pembayaran dan bikin laporan penjualan anti ribet dari Bakulio! Instal melalui Google Play dan App Store ya!




Salam CUAN,


Kulmin.


Article written by Natasha Karamoy


Instagram

Facebook


7 views0 comments