top of page
  • Gambar penulisKULMIN ๐Ÿ˜Ž

Pengertian Supplier dan Jenis-jenisnya

Diperbarui: 5 hari yang lalu


Image by Lifestylememory on Freepik


Apa itu Supplier?


Halo-halo! Apa kabar teman-teman? Kali ini, KULMIN akan mengajak kalian untuk berkenalan dengan seorang superhero dalam dunia bisnis, yaitu si "Supplier"!


Nah, mungkin ada yang masih bingung, "Siapa sih Supplier itu?" Jadi, Supplier itu adalah orang atau perusahaan yang menyediakan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh suatu bisnis atau organisasi. Jadi, bisa dibilang, tanpa Supplier, bisnis atau organisasi tersebut mungkin akan kesulitan untuk menjalankan aktivitasnya.


Contohnya, nih. Kalau kamu membuka restoran, pasti kamu akan membutuhkan bahan-bahan seperti daging, sayuran, dan bumbu-bumbu, kan? Nah, si Supplier ini yang akan menyediakan semua bahan-bahan tersebut. Jadi, kamu nggak perlu repot-repot mencari sendiri ke berbagai tempat.


Kerennya lagi, Supplier ini biasanya punya banyak koneksi dengan para produsen atau pabrik, jadi dia bisa memberikan harga yang lebih murah dibandingkan jika kamu harus membeli langsung dari pabriknya. Jadi, bisnis kamu bisa lebih hemat dan efisien.


Tapi, jangan salah sangka ya. Walaupun namanya "Supplier" terdengar sederhana, namun dia sangat penting untuk kelancaran suatu bisnis. Dia bisa membantu bisnis kamu untuk mendapatkan barang dengan kualitas terbaik, harga yang lebih terjangkau, dan tentunya, pengiriman yang tepat waktu.


Jadi, jika kamu ingin memulai bisnis atau ingin meningkatkan bisnis yang sudah ada, jangan lupa untuk mencari superhero bisnis ini, yaitu si Supplier! Dia akan membantumu dalam menyediakan semua kebutuhan bisnismu.



Bagaimana Cara Mencari Supplier yang Tepat?


Memilih supplier yang tepat sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnismu. Nah, berikut ini adalah faktor-faktor yang harus kamu perhatikan saat mencari supplier yang tepat. Yuk, simak tipsnya!


1. Kualitas Produk

Faktor pertama yang harus kamu perhatikan adalah kualitas produk yang ditawarkan oleh supplier. Pastikan produk yang ditawarkan oleh supplier memiliki kualitas yang baik dan sesuai dengan standar yang kamu inginkan. Jangan hanya memilih supplier yang menawarkan harga yang murah, tapi kualitas produknya buruk. Kamu harus memilih supplier yang memberikan kualitas terbaik bagi bisnismu.


2. Harga yang Terjangkau

Harga juga merupakan faktor penting dalam memilih supplier. Kamu harus memilih supplier yang menawarkan harga yang terjangkau dan sesuai dengan budget bisnismu. Namun, jangan hanya fokus pada harga yang murah, kamu juga harus mempertimbangkan kualitas produk dan layanan yang diberikan oleh supplier.


3. Pengalaman dan Reputasi

Pengalaman dan reputasi supplier juga harus kamu pertimbangkan saat memilih supplier. Kamu bisa mencari informasi tentang supplier di internet, melalui testimonial atau review dari pelanggan yang pernah bekerja sama dengan supplier tersebut. Pastikan supplier yang kamu pilih memiliki reputasi yang baik dan pengalaman yang memadai dalam bisnisnya.


4. Layanan Pelanggan

Layanan pelanggan yang diberikan oleh supplier juga harus menjadi pertimbangan kamu saat memilih supplier. Pastikan supplier yang kamu pilih memiliki layanan pelanggan yang baik dan responsif. Jika terjadi masalah dengan produk atau pengiriman, kamu harus bisa menghubungi supplier dengan mudah dan mendapatkan solusi yang memuaskan.


5. Kemampuan Memenuhi Kebutuhan Bisnismu

Terakhir, kamu harus memilih supplier yang bisa memenuhi kebutuhan bisnismu. Pastikan supplier tersebut bisa menyediakan produk yang sesuai dengan kebutuhan bisnismu, memiliki kualitas yang baik, dan memberikan layanan yang memuaskan. Supplier yang tepat akan membantu bisnismu berkembang dan sukses.


Nah, itu dia beberapa faktor yang harus kamu perhatikan saat mencari supplier yang tepat. Jangan lupa untuk selalu memilih supplier yang terpercaya dan handal untuk keberlangsungan bisnismu.



Apa Saja jenis-jenis Supplier?


Ada berbagai jenis supplier yang dapat dipilih, tergantung pada kebutuhan bisnis kamu. Berikut adalah beberapa jenis supplier yang umum dikenal:


1. Original Equipment Manufacturer (OEM) Supplier

OEM supplier adalah supplier yang memproduksi barang dengan merek dagang yang dimiliki oleh pihak lain. Biasanya, OEM supplier hanya bertanggung jawab atas produksi barang, sedangkan pihak lain yang memiliki merek dagang akan menangani pemasaran dan penjualan. Jadi, jika kamu ingin memproduksi produk dengan merek dagang tertentu, kamu bisa mencari OEM supplier.


2. Distributor Supplier

Distributor supplier adalah supplier yang membeli produk dari produsen atau pabrik dan menjualnya kembali ke pengecer atau konsumen. Distributor supplier memainkan peran penting dalam rantai pasokan, karena mereka membantu mempercepat distribusi produk ke pasar. Jika kamu membutuhkan produk dalam jumlah besar untuk dijual kembali, kamu bisa mencari distributor supplier.


3. Retail Supplier

Retail supplier adalah supplier yang menyediakan produk untuk dijual langsung ke konsumen akhir. Mereka biasanya memiliki toko atau outlet sendiri, atau menjual produk secara online. Retail supplier sangat berguna jika kamu ingin membeli produk dalam jumlah kecil untuk kebutuhan pribadi atau untuk dijual kembali.


4. Dropshipper Supplier

Dropshipper supplier adalah supplier yang menyediakan produk dan mengirimkannya langsung ke konsumen atas nama penjual. Dalam hal ini, penjual hanya bertindak sebagai perantara antara dropshipper dan konsumen, sehingga tidak perlu menyimpan persediaan barang. Jika kamu ingin memulai bisnis online tanpa harus menyimpan persediaan barang, kamu bisa mencari dropshipper supplier.


5. Local Supplier

Local supplier adalah supplier yang berlokasi di daerah yang sama dengan bisnismu. Keuntungan dari menggunakan local supplier adalah waktu pengiriman yang lebih cepat dan biaya pengiriman yang lebih murah. Kamu bisa mencari local supplier untuk memenuhi kebutuhan bisnismu secara lokal.



Bagaimana mencari supplier?


Mencari Supplier memang tidak mudah, tetapi dengan tips ini, kamu pasti bisa menemukan Supplier yang tepat untuk bisnis kamu. Yuk, simak tipsnya!


1. Tanyakan ke teman atau kenalan yang sudah berbisnis.

Mungkin kamu memiliki teman atau kenalan yang sudah lebih dulu berbisnis dan sudah memiliki supplier yang handal. Kamu bisa bertanya dan mencari referensi dari mereka. Siapa tahu mereka bisa memberikan saran dan masukan yang berguna untuk bisnis kamu.


2. Cari di marketplace online.

Melalui aplikasi marketplace seperti Bakulio. Bakulio menyediakan berbagai macam pilihan supplier dari seluruh Indonesia. Bakulio memiliki lebih dari 500 Supplier terpercaya, jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan diri kamu untuk menjadi Reseller / Dropshipper dari berbagai supplier terpercaya, Bakulio tersedia Google Play Store dan App Store.


3. Datangi pameran atau event bisnis.

Pameran atau event bisnis bisa menjadi tempat yang tepat untuk mencari supplier. Kamu bisa melihat langsung produk yang ditawarkan dan berbicara langsung dengan para produsen atau supplier. Kamu bisa bertanya-tanya dan mencari tahu lebih detail tentang produk yang kamu butuhkan.


4. Gunakan mesin pencari online.

Mesin pencari seperti Google bisa menjadi alat yang sangat membantu dalam mencari supplier. Kamu bisa mencari supplier yang sesuai dengan produk yang kamu butuhkan, atau bahkan mencari supplier di daerah tertentu. Pastikan kamu membaca review dan testimonial dari pelanggan sebelum memilih supplier.


5. Bergabunglah dengan forum bisnis.

Bergabung dengan forum bisnis juga bisa membantu kamu dalam mencari supplier. Kamu bisa bertanya dan berdiskusi dengan para pengusaha lainnya tentang supplier yang handal dan terpercaya. Selain itu, kamu juga bisa bertukar informasi dan tips tentang bisnis dengan para pengusaha lainnya.


Nah, itu dia beberapa tips seru untuk mencari si superhero bisnis, yaitu si Supplier! Jangan lupa untuk selalu memilih supplier yang terpercaya dan handal untuk keberlangsungan bisnismu. Semoga artikel ini bermanfaat untuk teman-teman yang ingin memulai bisnis atau meningkatkan bisnis yang sudah ada. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, ya!


Article written by Jona




25 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page