ย 
  • KULMIN ๐Ÿ˜Ž

Mau Bikin Produk Kamu Makin Dikenal? Simak Tips ini!

Updated: Dec 3, 2021

Berjualan online dan bikin produk makin dikenal menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk para online seller. Namun, dengan adanya media sosial segalanya tentu jadi lebih simpel. Selain penggunaannya yang mudah, media sosial juga banyak diakses oleh masyarakat dari berbagai kalangan.


Seperti yang kita tau nih, sekarang hampir setiap orang pasti punya akun medsos yang digunakan untuk melakukan aktivitas dan bersosialisasi dengan orang lain. Baik itu nyari teman lama, ketemu teman baru bahkan bisa menjadi peluang yang bagus untuk memperkenalkan & mempromosikan bisnis. Orang-orang lagi gencar-gencarnya bikin produk olshopnya biar makin dkenal masyakarat.






Untuk media sosial ini sendiri banyak jenisnya, namun yang paling banyak digunakan terutama untuk berbisnis adalah Instagram dan Facebook. Nah, apa aja sih yang bisa dilakukan lewat media sosial untuk mempromosikan produk jualan kita? Yuk, simak tipsnya berikut ini:

  1. Membuat akun bisnis

Akun bisnis memiliki banyak kelebihan dibanding akun personal. Kamu bisa memaksimalkan akun olshopmu dengan memakai akun bisnis. Akun bisnis Instagra, memiliki fitur insight atau wawasan. Fitur ini bisa dipakai untuk melihat dan menganalisa statistik jumlah pengikut, konten, jumlah tayangan, jumlah klik situs, impresi profil hingga jangkauan profile akunmu.


Kamu juga bisa ngecek nih, siapa aja yang berkunjung ke akun profil olshopmu berdasarkan usia, gender dan wilayah. Jumlah likes, komen dan kiriman juga bisa kelihatan dengan lengkap. Ini bisa membantu kamu menentukan strategi pemasaran berikutnya.


2. Memasang ads atau iklan


Kalau kamu berjualan online lewat Instagram, kamu bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di Instagram untuk mempromosikan produk jualan kamu. Selain lewat fitur-fitur seperti IGTV/Instagram Stories, kamu juga dapat memasang iklan pada akun bisnis kamu, lho.


Melalui iklan atau yang bisa kita kenal dengan istilah Instagram Ads ini, olshop kamu dapat menjangkau pelanggan yang lebih luas dan beragam. Ketika kamu memasang iklan, maka yang akan melihat produk bahkan mengunjungi akun bisnis olshop kamu, tidak hanya dari followers olshop kamu saja, tetapi juga pelanggan-pelanggan baru yang mungkin baru mengenal olshop kamu. Kamu bisa setting sendiri spesifikasi target market kamu mulai dari gender, usia sampai wilayah.


3. Menggunakan jasa influencer


Setelah memaksimalkan penggunaan akun bisnis di media sosial, kamu juga bisa memakai jasa influencer/selebgram untuk mempromosikan produk olshop kamu. Hal ini akrab dikenal dengan sebutan endorse. Ya, kamu bisa meng-endorse influencer atau selebgram untuk memakai produk kamu dan memberikan reviewnya.


Tentu saja sebelumnya kamu harus menentukan target influencer yang sesuai dengan produk jualan kamu dan budget yang kamu miliki. Biasanya influencer memiliki dampak yang cukup besar untuk membuat produk jualan kamu semakin dikenal dan bisa mencapai pelanggan lebih banyak.


4. Memberikan penawaran bundling product dan diskon


Diskon menjadi strategi yang efektif yang dilakukan penjual untuk mempromosikan produknya. Hal itu disebabkan karena diskon adalah hal yang dicari dan disenangi oleh pembeli. Selain menggunakan jasa influencer, sesekali kamu juga bisa memberikan diskon pada beberapa produk tertentu yang kamu jual. Hal ini juga dapat dilakukan sebagai bentuk apresiasi untuk pelanggan setia kamu.


Selain diskon, bundling product juga bisa menjadi pilihan untuk mempromosikan produk jualan kamu. Bundling product bisa kamu lakukan dengan tujuan agar pembeli bisa lebih hemat saat membeli produk kamu. Kamu bisa memberikan strategi agar pembeli dapat membeli produk jualan kamu dalam jumlah yang banyak dengan harga yang lebih murah tetapi kamu tetap bisa lebih untung.



gif


Itu dia tips bikin produk jualan kamu makin dikenal di sosial media. Jangan lupa, kalau kamu ada orderan melalui Instagram, Facebook, LINE, Telegram atau WhatsApp kamu bisa pakai Bakulio. Untuk seller yang baru gabung bisa langsung klaim bonus Rp 10.000! Yuk, download dan registrasi Bakulio sekarang!





Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Jehan Fadhila





20 views0 comments
ย