ย 
  • KULMIN ๐Ÿ˜Ž

Manfaat Memakai Google Trends untuk Kembangkan Bisnis

Apa itu Google Trends? Google Trends adalah sebuah tool yang dimiliki oleh Google dan gunanya untuk mendapatkan informasi yang sedang trending dan banyak dicari di search engine Google. Google Trends juga bisa bermanfaat untuk mengembangkan bisnis, lho.


Apa manfaat memakai Google Trends untuk mengembangkan bisnis? Dengan menggunakan Google Trends, para pengusaha bisa menentukan strategi bisnis dan konten untuk pemasaran.


Simak kegunaan Google Trends untuk kembangkan bisnis jualan kamu disini!


Manfaat Google Trends untuk Kembangkan Usaha


1. Meningkatkan popularitas sebuah konten dalam kurun waktu tertentu


Dengan melihat trending konten atau topik di search engine Google. Akan berguna untuk membuat konten sehingga dapat meningkatkan traffic pengunjung.


2. Menemukan peluang dalam memasarkan produk


Pikirkanlah tentang acara yang akan menjadi tempat pemasaran yang bagus untuk bisnis anda dan carilah peluang cepat untuk menggunakan pemasaran dengan waktu real-time untuk meningkatkan traffic produk anda di media sosial.


3. Mendapatkan ide konten baru


Dengan Google Trends, kamu bisa memeriksa kepopuleran sebuah kata kunci dalam kurun waktu tertentu, bisa juga mencari kata kunci yang sesuai (related keyword). Hal ini berguna untuk untuk ide konten dan meningkatkan trafik.


4. Mendapatkan keyword yang akurat


Dengan menggunakan Google Trends, kamu bisa menemukan kata kunci yang sesuai dengan trend yang lagi viral, terutama untuk keperluan SEO yaitu mencari kata kunci yang panjang.


5. Membantu menentukan target audiens berdasarkan lokasi


Google Trends dapat memberikan data berupa lokasi dan waktu yang bisa memudahkan kamu sebagai penjual untuk menargetkan audiens secara akurat.


Cara Menggunakan Google Trends untuk Riset Pemasaran


Untuk kamu yang masih asing dengan Google Trends, tenang aja. Cara pakainya gampang dan tentunya gratis. Simak tutorial menggunakan Google Trends untuk riset kata kunci dan pemasaran pada artikel di bawah ini.


1. Masukkan kata kunci yang ingin dicari


Contoh, hampers ramadan. Kamu bisa mengetikkan kata kunci tersebut dan melihat data serta grafik yang tersedia. Kalau kamu belum punya ide,, kamu bisa cek contoh pencarian terpopuler dari berbagai negara dan kota.

2. Pilih lokasi/wilayah



Di bagian kanan atas kamu bisa memilih lokasi atau wilayah tempatmu berada. Contoh, klik Indonesia. Jika ingin lebih detail, boleh klik subregionnya misalnya DKI Jakarta, Bandung atau Semarang.


3. Analisis pada rentang waktu yang berbeda




Klik custom > minggu lalu. Bisa juga secara bulan lalu atau diurut berdasarkan tahunnya.


4. Bandingkan beberapa kata kunci yang serupa



Google Trend bisa menampilkan kata kunci yang serupa sebagai pembanding, lho. Fitur ini memudahkan kamu untuk melakukan perbandingan dan memutuskan mana yang paling sesuai. Caranya tinggal tambahkan keyword pembanding di kolom add comparison.


Contoh, perbandingan untuk keyword jaket wanita, jaket denim wanita, jaket kulit wanita.


5. Terapkan penelusuran berdasarkan kategori



Google Trends bisa membantu mencari ide dan data keyword untuk beberapa kategori lainnya yaitu, pencarian web, pencarian gambar, pencarian berita, Google Shopping dan pencarian Youtube. Cukup klik bagian all categories dan pilih sesuai keinginan.





Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Anisa Ramadhani




1 view0 comments
ย