• KULMIN 😎

Citayam Fashion Week di Sudirman, Apakah Tren Musiman?

Citayam Fashion Week lagi rame banget nih dibicarakan sama netizen. Apa sih Citayam Fashion Week itu? Citayam Fashion Week merupakan fenomena remaja dan anak muda asal Citayam, Bojong Gede dan sekitarnya yang berkumpul di daerah Sudirman tepatnya di Stasiun MRT Dukuh Atas.


Para remaja ini nongkrong dan ngumpul di kawasan Sudirman dengan bergaya ala street fashion, mulai dari yang modis sampai nyentrik. Mereka memakai flanel oversized, sweater monokrom, baggy pants, ripped jeans serta jaket kulit dan sejenisnya. Saking ramai dan padat dengan anak muda yang bergaya maksimal, makanya disebut sebagai Citayam Fashion Week.



Source: Grid.id


Hal ini ternyata menjadi viral di sosial media dan menuai pro dan kontra. Biasanya hari libur seperti weekend adalah waktu-waktu dimana kawasan ini akan penuh dengan anak muda yang datang dari Citayam, Bojong Gede dan Bogor.


Menurut beberapa sumber, gak hanya nongkrong, anak-anak kisaran usia SMP dan SMA ini juga jajan kuliner di pinggir jalan dan berfoto serta membuat konten untuk TikTok. Lalu, kira-kira fenomena Citayam Fashion Week ini akan terus berlanjut atau musiman aja ya?


Kenapa Muncul Fenomena Citayam Fashion Week?


Mengutip dari merdeka.com, Devie Rahmawati sebagai Pengamat Sosial dari Universitas Indonesia menyebut fenomena Citayam Fashion Week ini sebagai efek dari media sosial.


Kenapa bisa terjadi? Ia mengungkapkan kalau para remaja tanggung ini terpengaruh dengan apa yang mereka lihat di media sosial, contohnya dalam kasus ini adalah gaya hidup di kota besar.


Karena di tempat asal mereka tidak ada fasilitas serupa, makanya mereka datang jauh-jauh dari Bogor ke Jakarta, terutama ke Sudirman yang jadi pusat bisnis dan perbelanjaan serta salah satu pusat foto instagramable di Jakarta. Cocok untuk anak-anak muda berkreasi.


Selama mereka mematuhi peraturan, gak membuang sampah sembarangan dan tidak melakukan kegiatan anarkis, sah-sah saja main dan nongkrong di Sudirman. Ini menjadi bukti nyata kalau ruang publik Jakarta bisa dinikmati oleh siapa saja.


Selain meramaikan suasana, penjual lokal seperti pedagang keliling, kedai makanan dan sejenisnya yang ada di kawasan Sudirman juga terbantu dengan banyaknya pengunjung yang datang, baik dari Jakarta maupun luar Jakarta.


Nah, kalau menurut kamu gimana nih? Apakah Citayam Fashion Week di Sudirman ini akan tetap ada atau cuma tren musiman yang akan lewat begitu saja?



Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Anisa Ramadhani





0 views0 comments