• KULMIN 😎

Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Loyal Customer

Updated: Jan 11

Faktor utama dalam penjualan adalah pelanggan. Kamu tahu nggak sih, kalau loyal customers merupakan salah satu faktor yang bisa membuat bisnis kamu sukses? Loyal customers ini juga bisa menjadi referensi calon pelanggan lain ketika ingin membeli produk kamu.


Nah, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa menjaga hubungan baik dan menyenangkan dengan pelanggan setia kamu. Simak informasinya berikut ini:


Cara Menjalin Hubungan Baik dengan Loyal Customers



Freepik

  • Mulai dengan Program Khusus untuk Pelanggan Setia

Semua orang pasti suka dengan sesuatu yang dibuat khusus atau merasa diapresiasi. Nah, kamu bisa membuat program khusus atau apresiasi pelanggan setia kamu dengan berbagai moment atau bahkan diskon, lho!


Kamu bisa kasih mereka kesempatan pertama untuk mencoba atau merasakan produk baru yang ingin kamu launching, atau bisa juga dimulai dengan memberi diskon khusus setiap pembelian dengan jumlah tertentu. Program khusus untuk pelanggan setia nggak harus bersifat yang besar, mahal atau rumit, ya. Buatlah yang simple dan sesuai budget.

  • Berinteraksi melalui platform chat

Sebagian orang menganggap bahwa menjaga hubungan baik dengan pelanggan setia melalui platform chat merupakan hal yang sulit atau gaya lama (old-fashioned). Tapi, kamu perlu tahu jika menjaga hubungan baik melalui chat, pelanggan justru merasa merasa diperhatikan. Salah satu cara menjalin hubungan baik dengan loyal customers adalah dengan memberikan informasi diskon, menanyakan kendala atau komplain atau memberi info event khusus sebelum hari libur atau hari besar (seperti Hari Raya Idul Fitri, Hari Raya Natal atau Perayaan Tahun Baru).


Hal ini bisa menjadi salah satu cara yang kamu manfaatkan untuk tetap menjalin hubungan baik dengan pelanggan setia kamu.

  • Highlights Pengalaman Pelanggan Setiamu

“Apa yang membuat kamu tertarik untuk berbelanja beberapa kali di toko kami?”, “Produk apa yang menjadi favorit kamu?”, “Apa yang membedakan produk kami dengan yang lain?”

Pertanyaan-pertanyaan seperti di atas bisa membuat kamu mendapatkan perhatian dari calon pelanggan kamu. Kenapa? Karena kamu memperlihatkan suatu testimoni dari orang yang menjadi pelanggan setia kamu.


Orang yang belum mengetahui produk kamu justru bisa mendapatkan gambaran mengapa pelanggan setia kamu terus melakukan order atau mempercayakan suatu event atau produk melalui produk yang kamu jual. Testimoni memiliki efek yang baik untuk bisnis kamu, jadi optimalkan dengan baik, ya! Selain sebagai bentuk promosi, bisa juga menjadikan pengalaman loyal customers sebagai bentuk perbaikan untuk produk-produk atau pelayanan kamu ke depannya. Jangan lupa membuat visualisasi yang menarik ya!

  • Mengingat Hal Detail dari Pelanggan Setiamu

Perhatian dari pihak lain diluar keluarga dan orang terdekat pastinya bikin happy, kan? Apalagi kalau mereka ingat detail kecil tentang dirimu seperti tanggal lahir atau warna kesukaan. Nah, cara ini juga bisa kamu lakukan untuk tetap dekat dan diingat oleh pelanggan setia tokomu. Kamu bisa mulai dengan produk apa yang dia suka beserta catatan-catatan tertentu (contohnya seperti ketika kamu menjual cookies, pelanggan setia kamu selalu meminta cookies yang low sugar atau mungkin memperbanyak choco-chips).


Belajar dari Danny Mayers (suatu restoran sukses di Amerika) yang mengatakan bahwa ia menyadari bagaimana respon pelanggannya ketika ia mengingat tidak hanya nama mereka, namun hal-hal pribadi seperti kapan anak pelangganya masuk sekolah untuk pertama kalinya, idola atau pemenang dari grup favorit pelanggannya sampai lokasi favorit pelanggannya ketika berpergian.


Sehingga, Danny mengetahui bahwa dari hal-hal sederhana seperti itu justru membuat pelanggan merasa spesial. Ia juga mengajarkan hal tersebut ke pegawainya dan mengingatkan jika mengenal pelanggan itu tidak cukup berdasarkan informasi yang didapatkan dari komputer, tapi juga harus menjalin hubungan yang lebih intimate.

 

Cara-cara diatas merupakan hal sederhana yang bisa kamu terapkan untuk menjaga hubungan baik dengan loyal customers.


Kamu hanya perlu untuk mengingat, menyusun informasi-informasi tersebut lalu menjadikan hal tersebut budaya di usahamu! Semangat untuk para Pejuang Cuan!


Jangan lupa untuk pakai aplikasi Bakulio ya! Sekarang Bakulio memiliki fitur Marketplace yang bisa mempertemukan Supplier, Reseller dan Dropshipper untuk memasarkan produk dan mendapatkan pelanggan dan cuan yang lebih banyak.


Transaksi dengan Bakulio bisa dapat bonus mingguan dan bulanan s.d 2,5 JT lho!


Untuk info ter-update, kamu bisa klik disini.


Nantikan artikel menarik lainnya seputar bisnis, marketing, tips and trick dan lainnya hanya di blog Bakulio!







Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Jovita Alesandra







9 views0 comments

Recent Posts

See All