top of page
  • Gambar penulisKULMIN ๐Ÿ˜Ž

Cara Jualan dengan Live Streaming Facebook, Super Gampang!

Diperbarui: 10 Mar


Source: Freepik


Salah satu cara meningkatkan penjualan dan promosi yang ampuh adalah dengan live streaming di media sosial atau akun marketplace. Saat ini semakin banyak penjual dan brand yang khusus menyewa atau mempekerjakan Live Streamer untuk mempromosikan produk jualan dan berinteraksi langsung dengan audiens. Live streaming adalah konten video yang direkam secara real time atau langsung.


Live streaming tidak punya batasan waktu sehingga durasinya bisa sangat panjang. Selain itu, video live bisa disimpan sehingga jika ada penonton yang ketinggalan, mereka masih bisa menonton hasil rekaman live tersebut.


Nah, ada beberapa live stream untuk jualan yang cukup dikenal masyarakat, beberapa diantaranya seperti TikTok Live Shopping, Facebook Live Stream dan Instagram Live. Kali ini, kita akan membahas khusus tentang cara jualan dengan live streaming facebook untuk meningkatkan penjualan. Gimana caranya? Yuk, simak selengkapnya di bawah ini!


Cara Jualan Live Streaming di Facebook


Facebook memiliki fitur live yang memungkinkan penjual atau pebisnis online bisa memasarkan produk jualannya dengan lebih mudah. Penjual bisa membuat broadcast kepada seluruh teman di Facebook untuk bergabung ke dalam siaran langsung tersebut, untuk yang tidak berteman pun masih bisa menonton siarannya dengan link yang dibagikan oleh penjual.


Cara berjualan dengan live streaming di Facebook sebenarnya gampang, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Siapkan produk yang akan ditampilkan beserta properti apabila dibutuhkan.

  2. Buka akun Facebook kamu

  3. Buka kolom status yang biasanya digunakan untuk memperbarui status. Lalu, ketuk icon live untuk memulai.

  4. Tambahkan deskripsi atau penjelasan singkat tentang produk yang akan dijual.

  5. Pastikan kamu sudah memilih audiens yang tepat sebagai target pasarmu saat mempromosikan produk.

  6. Kalau semua sudah siap, kamu bisa memulai live streaming.

  7. Pastikan video jelas, jernih dan koneksi internet lancar. Nah, kamu sudah bisa jualan live streaming di Facebook deh!

Gampang kan? Nah, kalau kamu masih pemula dan masih bingung gimana sih tips dan trik jualan pakai live streaming Facebook?


Jangan khawatir, berikut adalah tips dan trik live streaming di Facebook supaya penjualan meningkat.


Tips Live Streaming di Facebook Supaya Ramai dan Laris

  • Tentukan tema yang ingin dibahas

Pertama, tentukan tema yang ingin diangkat saat kamu live streaming. Misal mau membahas promo Valentine, maka kamu bisa basa-basi dulu soal Valentine. Sapa penonton kamu baik yang single atau yang sudah memiliki pasangan dan lain sebagainya.

  • Buat poin pembicaraan

Ada baiknya sebelum mulai kamu sudah membuat poin-poin penting supaya tidak lupa dan bingung saat live. Poin pembicaraan ini bisa membantu kamu tetap fokus dan gak ngalor ngidul.

  • Sapa dan berinteraksi dengan penonton

Wajib menyapa dan berinteraksi dengan penonton dari awal sampai akhir. Kamu juga bisa mengecek kolom komentar dan membacakan beberapa pertanyaan atau komentar mereka.

  • Konsisten dan teratur

Kunci live streaming bisa ramai dan laris pembeli adalah konsistensi. Jadwalkan live streaming di jam-jam yang sudah kamu tentukan, tampil lah dengan rapi dan niat supaya live stream kamu juga menyenangkan untuk dilihat.

  • Broadcast dulu sebelum live

Sebelum live, kamu bisa broadcast atau memberi pengumuman kepada penonton atau pembeli kamu. Sebar link atau infonya di grup, sosial media dan sebagainya supaya penontonnya ramai.

  • Hadirkan voucher atau promo khusus untuk penonton live streaming

Untuk memancing audiens, tidak ada salahnya memberikan voucher atau diskon khusus produk-produk yang ditampilkan pada saat live. Hal ini bisa menarik calon pembeli lho!


Nah, itu dia tips dan trik cara jualan dengan live stream facebook. Gampang banget kan? Yuk, langsung praktek!


ย 

Ingin jualan online tanpa modal? Bisa!

Pakai Bakulio untuk mulai bisnis dropship tanpa admin dan tanpa modal


Bakulio adalah aplikasi dropship dengan modal 0 rupiah yang menyediakan bermacam jenis produk pilihan dari supplier terpercaya. Kamu bisa pilih produk pilihan dan jual kembali dengan menentukan keuntungan sendiri. Promosikan langsung di sosial media kamu dan raih cuan melebihi pekerja kantoran!

Yuk, install dan daftar di Bakulio sekarang!



Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Anisa Ramadhani







6 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua
bottom of page