• KULMIN 😎

Bikin Pembeli Semakin Yakin! Ini 4 Hal Yang Harus Ada di Ulasan Online Shop Kamu

Updated: Oct 14, 2021

Belanja sambil rebahan, alias belanja online sudah jadi sesuatu yang biasa untuk masyarakat Indonesia. Saking umum dan praktisnya, belanja online ini sudah nggak terbatas di kota-kota besar saja, bahkan di pedesaan pun masyarakat sudah semakin familiar dengan aktivitas ini. Tinggal cari barangnya di marketplace atau media sosial, pesan, transfer, tunggu barangnya datang, kurir ketok pagar, barang sudah sampai di genggaman.



Tapi nyatanya, untuk meyakinkan pembeli untuk beli barang secara online terkadang tidak mudah. Keputusan mereka akan terhalang karena tidak bisa melihat kualitas barang secara langsung, ditambah dengan banyaknya online shop lain dengan barang jualan dan harga yang kurang lebih sama.


Lalu, bagaimana caranya supaya calon pembeli melirik, bahkan sampai yakin untuk membeli jualan kita? Jawabannya adalah dengan review atau ulasan! Dengan punya banyak ulasan terpercaya dari pembeli lain, meyakinkan calon pembeli akan jadi lebih mudah. Tapi nggak sekedar ulasan asal-asal lho!


Ulasan seperti apa sih yang “ngaruh” menggaet pelanggan? Berdasarkan riset khusus yang dilakukan Kulmin ke beberapa orang yang hobi belanja online, rata-rata ada 4 aspek di ulasan olshop yang dicari pembelanja online pada umumnya.


1. Rating/penilaian

Ini berlaku di marketplace dan e-commerce yang memberlakukan sistem rating. Jumlah bintang biasanya menjadi gambaran awal kualitas dan pelayanan online shop, dan jadi patokan bagi pembelanja online.


2. Foto asli dari pembeli

Untuk memastikan akurasi bentuk barang dan kualitas, biasanya calon pembeli akan sangat memperhatikan foto-foto review dari pembeli lain. Kalau kamu punya banyak foto asli dari pembeli, kemungkinan untuk pembeli baru datang dan belanja di toko kamu akan lebih besar.


3. Honest review (Ulasan Jujur)

Sekarang ini orang semakin jago membedakan yang mana ulasan jujur dan mana yang palsu lho. Ini akan mempengaruhi kredibilitas olshop kamu. Bila kamu punya produk bagus, dapat banyak ulasan jujur, calon pembeli akan lebih mudah untuk yakin dan berbelanja di toko mu.


4. Ulasan dari orang yang dikenal

Review yang paling mudah diterima orang itu biasanya dari orang yang sudah ia kenal. Misalnya dari teman atau keluarga, tapi bisa juga dari tokoh yang sering ia ikuti. Biasanya bila produk yang dijual dan keuangan olshop sudah lumayan stabil, pebisnis akan menggunakan jasa influencer atau endorser yang target pasarnya sesuai untuk memberi ulasan dan memperkuat bisnis mereka.


Selain ulasan, punya katalog produk yang mudah diakses juga jadi faktor penting untuk calon pembeli. Kalau mudah untuk lihat barang jualan, mereka pun makin nggak ragu untuk belanja di olshop kamu!


Kalau bikin akun marketplace terlalu ribet untuk kamu, bisa cobain katalog produk dari Bakulio! Selain lihat-lihat barang jualan, pembeli bisa langsung bertransaksi dari katalog toko mu. Tinggal bagikan link katalog, tunggu pembeli menempatkan pesanan, konfirmasi orderan, tunggu pembayaran, kirim barang deh!


Cek cara pembuatan katalog produk Bakulio di link ini!


Pengen pencarian cuan kamu makin praktis tanpa pakai marketplace? Yuk install Bakulio sekarang!


Salam CUAN,


Kulmin.


Article written by Natasha Karamoy




15 views0 comments

Recent Posts

See All