• KULMIN 😎

Belajar dari BTS untuk Bisnis Jualan Kamu!

Updated: Dec 29, 2021

Siapa yang nggak tahu boyband fenomenal asal Korea Selatan? Bangtan Boys alias BTS! Belum lama ini, BTS yang merupakan artis dibawah naungan Big Hit Entertainment telah berhasil menyabet piala dari Billboard Music Award 2021 dalam kategori Top Group, Top Song Sales Artist dan Top Social Artist. Sebagai small business entrepreneur, kamu bisa belajar dari perjalanan karir BTS, lho.



Pelajaran yang bisa kita ambil dari BTS tentunya tentang sales dan marketing untuk small business. Apa saja tuh? Yuk, baca artikelnya!


Belajar Bisnis dari BTS (Bangtan Boys)

1. Dimulai dari Agensi Kecil


Dalam industri musik Korea ada sebutan khusus untuk industri yang besar seperti BIG 3. BTS, memulai karier mereka bukan dari agensi bergengsi BIG 3. Begitu juga dengan kamu yang baru merintis usaha. Mungkin saat ini kamu mengalami stuck karena bisnismu masih merupakan small business, tapi kamu bisa belajar dari produk-produk lokal seperti Kem Chicks, Adorable Projects, Keripik Maicih dan banyak lainnya yang mulai dari bisnis rumahan.


Walaupun usaha kamu tergolong small business, kamu harus tahu apa saja yang menjadi nilai plus dari produk yang kamu jual sehingga membedakannya dengan produk lain. Semua yang besar selalu diawali dari yang kecil, kan? 2. Mengetahui Tujuan dan Berani Jadi Beda


Lagu-lagu yang BTS bawakan mulai dari debut sampai sekarang terkadang berisi kritik sosial kehidupan di Korea atau mengekspresikan keindahan dan kecemasan di masa muda. Nggak jarang mereka yang sebelumnya bukan Army (fans BTS) bisa “tersihir” menjadi Army. Nah, ini bisa dikaitkan dengan melihat produk yang kamu jual apakah menjawab kebutuhan dari target pasar yang sudah kamu tentukan atau belum? Atau mungkin produk kamu justru belum memiliki target pasarnya?


Ketika kamu menjual barang thrifting lalu target pasar kamu wanita muda, berorientasi pada karir, dan middle-up secara ekonomi apakah mereka akan melirik produk mu? Atau justru mereka merupakan target dari produk baru yang branded?


Menentukan target pasar akan menjadi landasan kamu untuk “terbang”. Strategi pemasaran adalah hal yang penting untuk pengusaha small business. Ketika kamu menargetkan produkmu untuk anak muda maka kamu harus tahu apa yang mereka butuhkan dan trend apa yang sedang in, begitu juga dengan target pasar yang lain. 3. Pantang Menyerah


Untuk mencapai kesuksesan yang sekarang, tentu BTS memerlukan waktu yang lama, bukan hanya sebulan atau dua bulan atau setahun dua tahun. Mereka memulai semuanya dari 2013, berawal dari banyak kegagalan sampai sekarang menjadi salah satu boyband yang diperhitungkan nggak hanya Korea Selatan tapi taraf internasional. Begitu juga kamu Pejuang Cuan, kalau jualan kamu hari ini belum berhasil menjual ratusan atau ribuan pcs setiap harinya dan hanya bisa menjual 1-2 pcs, jangan khawatir. Jangan menyerah dan terus lakukan peningkatan untuk produk atau bahkan pelayanan kamu.


Kamu bisa mulai dengan menyertakan greeting card buatan tangan untuk setiap konsumen yang membeli atau memberikan pelayanan yang cepat dan informatif untuk konsumen kamu. Kamu juga bisa upgrade packaging menjadi lebih rapi dan menarik. Dengan begitu konsumen akan merasa personal ketika berbelanja dan berhubungan dengan tokomu.


 

Gimana? Semoga Pejuang Cuan bisa belajar lewat banyak hal ya, termasuk dari boyband BTS. Gak ada yang instan di dunia ini, semua perlu usaha, kerja keras dan tekun berdoa.


Untuk memaksimalkan penjualan kamu, yuk gunakan Bakulio! Sekarang Bakulio memiliki fitur Marketplace yang bisa mempertemukan Supplier, Reseller dan Dropshipper untuk memasarkan produk dan mendapatkan cuan lebih banyak. Transaksi dengan Bakulio bisa dapat bonus mingguan dan bulanan s.d 2,5 JT lho!


Untuk info lebih lanjut, kamu bisa klik disini.


Tunggu apa lagi? Download dan register sekarang!







Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Jovita Alesandra





4 views0 comments