• KULMIN 😎

3C - 3 Elemen Penting dalam Marketing

Diperbarui: 28 Des 2021




Banyak sekali pebisnis pemula atau orang yang baru mau mulai berbisnis bingung bagaimana cara memasarkan produknya. Bahkan, masih gak tau mau jual apa, mulai darimana, apa aja hal penting yang harus disiapkan, dan sebagainya.


Permasalahan dalam proses marketing untuk pebisnis pemula tentu menjadi salah satu pertanyaan yang harus dijawab karena akan berpengaruh terhadap penjualan produk kamu. Tapi, sebelumnya udah tau belum, apa yang dimaksud dengan marketing?


Apa yang dimaksud dengan marketing? Marketing adalah proses memperkenalkan suatu produk atau jasa kepada pelanggan. Pengertian lain dari marketing adalah beberapa aktivitas yang saling berkaitan dan bertujuan untuk memenuhi kebutuhan konsumen, sehingga perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari pembelian yang dilakukan oleh konsumen.


Tugas marketing tidak sama seperti sales yang berfokus dalam penjualan produk, disini kamu dituntut bagaimana kamu bisa memperkenalkan, memasarkan dan memberikan produk yang sesuai dengan kebutuhan pasar.


Kulmin ada resep manjur tentang elemen-elemen penting dalam marketing yang bisa kamu lakukan untuk menunjang jualan onlinemu! Kira-kira apa saja, ya? Check it out!


3 Elemen Penting dalam Marketing yang Harus Kamu Perhatikan

1. Customer



Source: Freepik


Kamu pasti mau dong kalau produk yang kamu jual laku di pasaran dan punya customer yang loyal? Nah, untuk sampai pada tahap tersebut kamu perlu mengetahui kebutuhan dari customer.


Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencari tahu tujuan utama produk kamu dibuat. Produk kamu harus memiliki nilai atau value karena ga mungkin kan, hanya berorientasi pada keuntungan aja?


Evaluasi kembali produk atau brand yang sedang kamu bangun.

Apakah produk kamu dikhususkan untuk anak muda yang suka travelling?

Apakah produk kamu dikhususkan untuk calon ibu atau para ibu muda? Apakah produk yang kamu miliki sudah menjawab kebutuhan dari target pasarmu?


Setelah kamu memiliki landasan yang kuat tujuan dari dibuatnya produk tersebut, baru kamu bisa melakukan proses marketing. Riset customer juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Kamu bisa coba beberapa cara dengan melakukan kegiatan marketing masa kini yang biasa dikenal dengan sebutan digital marketing. Kegiatan digital marketing biasanya mencakup email marketing, mobile advertising, website advertising atau melalui social media.


Setiap cara yang Kulmin sebutkan di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, ya. Kamu bisa mulai menentukan cara yang tepat untuk mendatangkan customer sesuai dengan target dari produk kamu.


2. Company



Source: Freepik


Kalau kamu berpikir bahwa berhasilnya marketing ketika sudah memiliki “company” nah kamu salah banget, nih. Ingat peribahasa “sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit”? Ya, kamu bisa menerapkan peribahasa tersebut dalam elemen marketing ini.


Hal yang besar tentu dimulai dari hal kecil seperti Kem-Chicks milik Bob Sadino, beliau yang memiliki gelar Bapak Pengusaha Indonesia memulai perjalanan bisnisnya dari hal kecil dengan berjualan telur ayam keliling dan menawarkan dari rumah ke rumah, lalu lambat laun bergerak menjadi usaha menjual daging ayam sampai sekarang produknya sudah berkembang lebih besar. Belajar dari contoh tersebut, kamu bisa memulai “memperkuat perusahaan” dengan melakukan pencatatan terperinci mulai dari pemasukan dan pengeluaran.


Ketika kamu rutin melakukan hal tersebut akan lebih memudahkan kamu untuk melihat bagian mana yang perlu untuk diperbaiki baik dalam hal pengurangan biaya atau penambahan biaya. Walaupun terlihat sepele namun hal ini bisa sangat membantu perusahaan kamu lho!


3. Competitor



Source: Freepik


Apakah produkmu limited edition? Atau adakah yang menjual produk yang mirip kayak produkmu?


Makanya, penting juga nih buat kamu untuk “mengintip” apa yang sedang competitor kamu lakukan. Ketika kamu mengetahui apa yang sedang dilakukan oleh competitor, kamu juga bisa belajar bagaimana mengatur strategi promosi untuk produk kamu. Bisa gunakan teknik ATM yaitu, Amati, Tiru dan Modifikasi.


Kamu juga bisa menekankan pada pelayanan dan garansi yang tidak bisa competitor lakukan seperti garansi uang kembali bila produk mengalami kerusakan atau garansi bonus setiap pembelian ketiga kali dan lain-lain.


Jangan lupa ya, sebelum melihat competitor kamu harus melakukan analisis SWOT tentang produk yang kamu produksi. Ketika kamu mengetahui apa saja kelebihan, kekurangan, kesempatan dan ancaman.



 


Itu dia 3 elemen dalam marketing yang bisa jadi resep manjur buat kamu yang sedang menjalankan bisnis. Jangan lupa untuk dicoba ya! Kalau mempraktekkannya dengan benar, Kulmin yakin deh pasti marketing kamu berhasil!


Oh iya, untuk membantu bisnis online kamu jangan lupa untuk gunakan Bakulio ya! Transaksinya aman, anti kena bukti transfer palsu dan aplikasinya gampang digunakan.


Bakulio adalah aplikasi non marketplace untuk membantu para penjual online mengelola orderannya jadi lebih mudah. Fitur utamanya ada tiga, yaitu fitur link pembayaran, fitur katalog produk dan fitur laporan penjualan.


Menjelang akhir tahun 2021, banyak banget nih bonus cuan untuk kamu yang baru daftar maupun untuk pengguna setia Bakulio. Cek promo lengkap Bakulio disini ya!


#CuanGakPakeRibet






Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Jovita Alesandra



Source:


https://glints.com/id/lowongan/internet-marketing-dan-serba-serbinya/#.YYNw-m1ByCg

https://ajaib.co.id/cerita-inspiratif-bob-sadino/


15 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua