Search
  • KULMIN 😎

3 Teknik Rahasia Penjualan yang Harus Kamu Tau!

Updated: Dec 29, 2021





Ternyata ada beberapa trik yang bisa bikin penjualan kamu meningkat, lho! Melakukan kegiatan penjualan apalagi memperkenalkan produk kamu ke orang lain bukanlah hal yang mudah, bisa dibilang susah-susah gampang lah ya.


Ada beberapa tahapan yang harus kamu lewati sampai akhirnya konsumen tertarik atau bahkan loyal terhadap produk kamu.


Nah, proses tersebut dinamakan dengan marketing. Teknik marketing penting karena tidak hanya mengenalkan produk kepada khalayak dan calon pembeli, tapi juga bisa meningkatkan penjualan lho!


Kalau kamu sudah melakukan berbagai cara namun penjualan kamu belum maksimal, Kulmin mau kasih tahu 3 teknik rahasia yang bisa kamu gunakan.


Penasaran apa saja? Simak 3 rahasianya di bawah ini ya!

3 Teknik Rahasia Marketing

1. “F” Shape Pattern


Faktanya, kebanyakan orang itu ketika melihat suatu hal mereka cenderung menggunakan teknik scan. Teknik scanning biasanya digunakan untuk mencari informasi spesifik yang kita butuhkan dengan cepat dan nyatanya, manusia memang lebih sering menggunakan teknik scanning lho!



Image: wiredplus.com

Ketika ada suatu informasi atau produk, orang-orang cenderung tidak membaca dengan detail namun melakukan scanning pada informasi tersebut. Jad,i ketika kamu ingin membuat produk atau melakukan marketing melalui website, iklan, dan kemasan produk pastikan scanable ya! Singkat, padat, jelas!


2. Teknik Nudging


Siapa yang baru tau istilah teknik nudging? Teknik nudging ini merupakan suatu sugesti baik berupa dorongan atau bujukan yang bisa membantu konsumen untuk memutuskan suatu pilihan dan mendapatkan pilihan terbaik. Biasanya teknik marketing yag satu ini memancing respon psikologis si calon konsumen tanpa disadari.


Teknik ini tidak hanya sebatas bahwa konsumen akan mendapatkan pilihan terbaik seperti review atau ulasan yang meyakinkan, promo menarik sampai pada jaminan produk atau pembayaran yang aman juga termasuk dalam teknik nudging lho!

Image: veeqo.com


Teknik nudging juga nggak hanya sebatas pada transaksi online aja, tapi ketika kamu melakukan transaksi secara langsung atau offline kamu juga bisa “terkena” teknik ini.


Contohnya, ketika kamu melihat suatu produk di layar menu suatu cafe atau restoran lalu ada tawaran atau dorongan untuk melakukan upsize produk dengan harga yang menarik, kamu tentu akan membandingkan ketika kamu membeli suatu produk secara terpisah atau istilah akrab adalah bundling. Produk yang sudah di bundle tentu harganya akan lebih “murah” ketika kamu membeli secara terpisah.


Hayo, siapa yang pernah jadi korban dari teknik marketing jenis ini?



3. Teknik Anchoring


Teknik ini sering dikatakan sebagai teknik bias kognitif karena orang-orang akan fokus pada informasi pertama yang diberikan ketika membuat keputusan. Kalau dilihat dari arti katanya yaitu anchor yang berarti jangkar, maksudnya adalah orang-orang akan berfokus pada titik dimana jangkar tersebut dilempar atau diturunkan sehingga ketika melihat informasi baru dikembangkan akan berpengaruh terhadap pengambilan keputusan.

Teknik ini sering banget kita temui di dunia marketing seperti contoh gambar ini.



Image: qureta.com


Produk yang memakai teknik marketing anchoring pada harga lebih menarik dibandingkan yang tidak pakai teknik anchoring. Hal ini dilakukan penjual untuk memengaruhi persepsi pembeli terhadap produk tersebut agar kelihatan lebih murah.


Inilah yg menjadi bias pada otak kita, harga awal yang pertama dilihat seringnya dianggap sebagai acuan harga asli (dinamakan jangkar atau anchor), sedangkan harga yang sudah didiskon menjadi sebuah keuntungan kita membeli pada saat potongan harga.


Padahal kita gak tau harga asli produk tersebut, tapi tergoda untuk tetap beli. Nah, informasi inilah yang pada akhirnya memengaruhi keputusan pembelian. Siapa nih, yang sering jadi korban marketing teknik acnhor?





Itu dia 3 teknik rahasia marketing yang bisa kamu terapkan sebagai penjual untuk produk kamu dan pastinya bisa meningkatkan penjualan kamu!


Kabar baik juga buat yang mau aktivitas penjualannya jadi lebih mudah, pakai Bakulio aja! Sebagai aplikasi penjualan online diluar marketplace, Bakulio menawarkan berbagai kemudahan seperti membuat link pembayaran (invoice digital), katalog produk, sampai ke memilih jasa ekspedisi favorit kamu!


Oh iya, Bakulio ada reward Rp 10.000 untuk kamu yang baru bergabung di Bakulio dengan tambahan bonus mingguan dan bulanan s.d Rp 2,5 juta!


Buruan download dan daftar sekarang ya!






Salam CUAN,


Kulmin.



Article written by Jovita Alesandra





Source:


https://whatis.techtarget.com/definition/anchoring-effect

https://behavioralpolicy.org/what-is-nudging/





8 views0 comments